Assalamu’alaikum Teman-Teman,
Sebelumnya saya posting tentang Pengalaman Mengganti SIM Card Kartu As di GRA Pari sekarang saya akan menulis Pengalaman Upgrade Kartu As ke Kartu Halo juga di GRA Pari Kendari.
![]() |
Kartu Halo |
Seperti yang kita ketahui, di tahun 2017 ini, Telkomsel menaikkan biaya SMS bagi semua pelanggannya, yaitu menjadi Rp 250 per SMS. Mahal banget kan.. Padahal sebelumnya, biaya per SMS hanya Rp 150. Meski kenaikannya cuma 100 rupiah, tapi bagi saya hal tersebut berefek sekali, mengingat pekerjaan saya sebagai wirausaha alias pedagang, yang notabene harus melakukan banyak komunikasi dengan pelanggan setiap harinya, dan salah metodenya dengan menggunakan SMS.
Saya pun membuka website Telkomsel untuk mencari tahu kira-kira bagaimana solusi terbaik untuk masalah ini. Dan di website tersebut ada informasi tentang Upgrade dari Simpati dan Kartu As ke Kartu Halo.
Saya kemudian membaca beberapa pilihan paket yang ditawarkan di Kartu Halo dan pilihan saya jatuh ke Paket 80k P4 dengan harga Rp 80.000 (plus PPN 10% jadinya 88.000). Dengan paket tersebut saya mendapat kuota Telepon 100 menit ke sesama Telkomsel, 200 SMS ke nomor Telkomsel, dan 2GB data internet, setiap bulannya. Lumayan terjangkau, dibanding jika saya harus menghabiskan pulsa hingga 100 ribu per bulan hanya karena biaya SMS yang tinggi. Apalagi rata-rata di Kendari, pengguna Telkomsel lebih dominan.
Jadilah hari Senin tanggal 23 Januari 2017, saya langsung ke Gra PARI Kendari. O iya sebelumnya, sisa pulsa yang ada di nomor Kartu As saya transfer dulu ke nomor lain. Demikian juga dengan semua kontak yang tersimpan di kartu. Kenapa? Karena nanti, SIM Card saya yang lama akan diganti dengan yang baru, demikian juga dengan semua paketnya. Cuma 1 yang tidak berubah, yaitu nomor Kartu As saya, tetap berawalan dengan 0823. Tetapi semua paket telepon, SMS, dan internet, akan mengikuti paket Kartu Halo, begitu juga dengan sistem pembayarannya.
Sekitar jam 1 siang, setelah sholat Zuhur, saya langsung menuju ke kantor Gra PARI Kendari. Sampai di sana, saya langsung mengambil nomor antrian. Sebelumnya, CS-nya akan bertanya nomor Telkomsel yang saya gunakan, serta tujuan saya ke Gra PARI hari ini. Saya pun memberi nomor Kartu As saya serta menjelaskan tujuan bahwa saya ingin melakukan upgrade dari Kartu As ke Kartu Halo.
Berhubung hari itu hari Senin dan sudah siang hari, jadi pengunjung lumayan padat. CS-nya awalnya bilang, kalau saya ingin tetap melakukan upgrade hari ini, berarti saya harus menunggu sekitar 1 – 2 jam. Dia kemudian menyarankan agar saya kembali saja besok pagi, saat antrian belum terlalu banyak. Tetapi saya bilang, tidak apa-apa, yang penting saya bisa melakukan upgrade hari ini, biar pun harus menunggu hingga sore hari. Akhirnya, saya pun duduk bersama customer-customer lain yang juga sedang antri.
Sekitar 1 jam kemudian, nomor antrianku dipanggil. Saya pun menuju ke CS yang telah ditentukan. Saya menjelaskan bahwa saya ingin upgrade dari Kartu As ke Kartu Halo. Mbak CS-nya pada awalnya bilang “Mbak, kalau nomor prabayar (Kartu As) di-upgrade ke nomor pascabayar (Kartu Halo), nantinya nomornya tidak bisa dikembalikan lagi ke prabayar. Apa tidak ingin membeli Kartu Halo dengan nomor baru, agar nantinya nomor yang lama tetap bisa digunakan?” Saya pun menjawab, “Tidak apa-apa, karena saya memang butuh nomor ini untuk usaha dagang saya.”
![]() |
Pilihan paket Kartu Halo 80k |
Selanjutnya Mbak CS-nya meminta saya untuk memilih paket yang tersedia, dan saya pun memilih paket 80k P4 dengan kuota telepon 100 menit, 200 SMS ke sesama Telkomsel, serta 2 GB internet, setiap bulan. Setelah itu proses migrasi dari nomor Kartu As saya ke Kartu Halo langsung dilakukan. Sebelumnya Mbak CS-nya juga memastikan bahwa pulsa yang ada di nomor saya ini sudah habis dan semua kontak telah dipindahkan ke handphone karena SIM Card saya akan diganti.
Proses upgrade-nya cukup lama, sekitar 30 menit lebih. Mbak CS-nya kemudian bilang lagi bahwa sebelumnya yang bisa upgrade ke Kartu Halo hanya nomor Simpati. Sementara untuk nomor Kartu As harus membutuhkan waktu beberapa hari untuk upgrade. Tetapi sekarang sudah dipercepat, sehingga proses upgrade hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit – 1 jam.
Setelah proses upgrade selesai, Mbak CS-nya kemudian memberikan saya SIM Card yang baru, sementara SIM Card yang lama diambil dan disimpan di Gra PARI. Saya pun memasukkan SIM Card yang baru ke HP dan paket Kartu Halo 80k P4 langsung aktif saat itu juga. Mudah dan gak ribet.. Saya pun tidak perlu mengganti nomor baru, cukup menggunakan nomor Kartu As saya yang lama, sehingga para langganan usahaku tidak bingung jika harus menghubungi saya.
Masalah biaya, proses upgrade ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis, sama seperti jika kita melakukan registrasi nomor Kartu Halo. Yang dibutuhkan hanya biaya pengganti materai sebesar Rp 6.000. Tetapi jika kita membawa materai sendiri, tentu tidak perlu membayar biaya materai lagi.
Untuk sistem pembayaran, tagihan Kartu Halo bisa dibayar langsung ke Gra PARI atau melalui ATM. Saya sendiri membayar melalui internet banking Bank Mandiri, dan tidak dipungut biaya admin sama sekali. Cukup membayar jumlah tagihan setiap bulan plus PPN 10%.
Periode pembayaran setiap tanggal 25 sampai tanggal 10, sedangkan kuota akan di-update setiap tanggal 20. Jadi setiap tanggal 19, pastikan teman-teman sudah menghabiskan semua kuota telepon, SMS, dan internet. Karena jika tidak, maka kalian akan rugi, karena semua kuota setiap bulan akan hangus pada tanggal 20. Paket Kartu Halo tidak menggunakan sistem akumulasi kuota.
Nah, demikianlah sharing saya tentang Pengalaman Upgrade Kartu As ke Kartu Halo di Gra PARI Kendari. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.
Comments
Post a Comment